Selasa, 03 Desember 2019

Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan ataupun Weekend


Sebagai mahasiswa, saya merasa perlu memanfaatkan waktu-waktu liburan dengan kegiatan seru dan bermanfaat. Menurut saya, salah satu hal seru yang sering saya lakukan untuk mengisi liburan weekend  yaitu dengan melakukan eksplore tempat-tempat baru yang masih sepi dan belum terjamah oleh umum. Selain menambah pengetahuan saya mengenai kawasan-kawasan wisata alam yang masih natural, saya juga dapat menyegarkan pikiran saya dari masalah perkuliahan yang kadang kala membuat pusing kepala. Sebagai salah satu orang yang suka berpetualang, saya juga sangat menyukai kegiatan-kegiatan olahraga ekstrim yang berada di alam, semisal panjat tebing, pendakian gunung, ataupun eksplorasi goa (entah vertical ataupun horizontal).

Menurut saya, hal-hal tersebut dapat memacu saya untuk mengembalikan pikiran jernih setelah satu minggu merasakan perkuliahan yang membuat pusing kepala.Selain itu, dengan melakukan kegiatan tersebut, saya mendapatkan banyak pelajaran semisal manajemen emosi dan manajemen waktu. Hal itu tentunya berguna bagi saya karena dapat mengontrol jadwal dan emosi yang saya miliki. Saya pribadi memang menjadikan kegiatan travelling dan olahraga ekstrim sebagai salah satu cara untuk melepaskan penat. Menurut pemikiran yang saya pegang, dengan menjelajah tempat-tempat baru dan mencoba hal-hal baru akan membuat saya menjadi pribadi yang mudah menerima perbedaan dan tidak terlalu stagnan. Saya yakin, dengan menjelajah dan mengeksplorasi tempat, budaya, makanan baru dapat membuat saya beradaptasi dengan siapapun dan dimanapun.

Kegiatan travelling secara terus-menerus umumnya memang membutuhkan waktu dan dana yang cukup menguras kantong. Tapi, saya berusaha memperkecil pengeluaran yang ada dengan menekankan sebanyak mungkin pengeluaran yang tidak begitu penting, semacam membeli buah tangan atau oleh-oleh. Selain itu, ketika liburan jangka pendek semacam ini, biasanya saya gunakan waktu tersebut untuk menjelajah tempat-tempat tersembunyi yang masih satu daerah dengan kampus tempat saya belajar. Kadang kala, saya mencoba menikmati wisata dengan sekadar mengelilingi kota dan menikmati jajanan-jajanan kuliner yang ada di kota tersebut.

Mungkin karena pada dasarnya saya memang menyukai kegiatan berwisata dan mengeksplore hal-hal baru di tempat-tempat baru, saya cenderung lebih sering menerapkan konsep travel backpacker. Menurut saya, dengan berjalan di suatu suasana baru secara seorang diri dan dengan biaya yang tentunya lebih irit, saya lebih merasakan bahagia dan excited karena tentunya saya akan bertemu dengan orang-orang baru dan pola hidup yang tentunya berbeda juga. Hal ini memungkinkan saya untuk lebih dapat membiasakan diri dengan suasana-suasana yang cenderung berubah-ubah sehingga dapat membuat saya cenderung lebih fleksibel ketika dihadapkan dengan siapapun dan dimanapun.

Yah, meskipun untuk melakukan kegiatan travelling yang membutuhkan waktu yang lama biasanya saya cenderung memilih waktu liburan semester yang menurut saya cukup untuk dihabiskan dengan berkeliling di daerah-daerah tertentu. Selain itu, untuk liburan jangka pendek semacam liburan weekend  memang tidak menutup kemungkinan bagi saya untuk melakukan perjalanan. Meskipun dalam hal ini saya cenderung lebih memilih untuk perjalanan yang jangka pendek dan biasanya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang memacu adrenalin atau olahraga ekstrim.

Hal-hal tersebut semisal yaitu dengan ikut dalam kegiatan pendakian di gunung tertentu dengan track yang tidak memakan waktu lama untuk akomodasi pulang dan pergi, seperti hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari.Hal-hal tersebut menurut saya menimbulkan suatu efek penting bagi kehidupan saya karena saya dapat berdiskusi dan bermeditasi dengan alam sekitar. Selain itu, saya juga dapat menemukan lingkaran-lingkaran pertemanan yang baru dan tentunya yang mempunyai kesatuan hobby. Sehingga saya dapat menemukan pengetahuan-pengetahuan dan tips-tips tertentu ketika saya akan mengeksplore suatu daerah tertentu.

Ataupun, saya akan mendapatkan teman perjalanan untuk kegiatan yang lain yang mana sama-sama mempunyai niatan untuk berkunjung dan mengeksplorasi daerah tertentu.Di sisi lain, saya merasakan hobby saya ini dapat mengantarkan saya menuju lingkaran-lingkaran baru yang mana mempunyai pemahaman-pemahaman yang sama dalam melihat suatu kehidupan. Yah, meskipun untuk ukuran saya yang masih merupakan mahasiswa, hobby ini cenderung merupakan hobby yang harus menguras tenaga dan isi dompet. Namun, hingga saat ini saya masih sangat meinkmati hobby saya ini. Meskipun dengan demikian, saya harus melakukan pengaturan jadwal yang ekstra dan mengirit sehemat-hematnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar